Hadirkan Transkripsi AI untuk Voice Memos dan Notes, Apple: Semua di iOS 18

By DP
4 Min Read
Rencana Apple untuk mengintegrasikan kecerdasan buatan (AI) ke dalam iPhone diyakini akan membawa fitur transkripsi real-time ke aplikasi Voice Memos dan Notes, menurut laporan dari AppleInsider. (Foto: Pixabay)

Rencana Apple untuk mengintegrasikan kecerdasan buatan (AI) ke dalam iPhone diyakini akan membawa fitur transkripsi real-time ke aplikasi Voice Memos dan Notes, menurut laporan dari AppleInsider.

Diprediksi bahwa fitur baru ini akan diluncurkan bersamaan dengan iOS 18, memungkinkan pengguna untuk melihat transkripsi langsung dari rekaman audio di kedua aplikasi tersebut.

Saat ini, meskipun Notes belum mendukung rekaman audio, rumor terpisah dari AppleInsider mengindikasikan bahwa Apple berencana untuk menambahkan kemampuan ini di iOS 18.

- Advertisement -

Transkripsi audio yang dapat diakses dari kedua aplikasi ini dapat memberikan manfaat signifikan terutama bagi mahasiswa atau jurnalis, yang dapat menghemat waktu dalam mentranskripsi kuliah atau wawancara yang panjang.

Baca Juga: Apple Klaim Chip M4 Terbaru Sangat Cepat Saat Luncurkan iPad Pro

Fitur ini juga akan berguna bagi pengguna yang hanya ingin dengan cepat meninjau rekaman Voice Memos tanpa harus mendengarkannya secara langsung.

Selain transkripsi, Apple berencana untuk meningkatkan fungsionalitas Notes dengan menambahkan ringkasan yang didukung oleh AI. Perusahaan mungkin akan menyediakan opsi untuk menghasilkan ringkasan teks dari rekaman audio.

Meskipun layanan transkripsi audio seperti Otter telah menawarkan fitur serupa, integrasi langsung di iPhone dapat mengurangi ketergantungan pada aplikasi pihak ketiga.

Pada konferensi laporan keuangan awal bulan ini, CEO Apple Tim Cook menegaskan bahwa fokus fitur AI perusahaan akan diletakkan pada privasi pengguna.

Baca Juga: Apple Kasih Diskon Gede di Indonesia Saat iPhone 15 Tak Laku, Berminat?

Dokumen penelitian Apple menunjukkan bahwa perusahaan berencana untuk memproses permintaan AI sederhana secara lokal di iPhone, sambil mengirimkan permintaan yang lebih kompleks ke server pihak ketiga.

Leave a comment