10 Manfaat Jahe Merah Bagi Kesehatan, Redakan Batuk dan Pilek

By Anisa
3 Min Read
10 Manfaat Jahe Merah Bagi Kesehatan, Redakan Batuk dan Pilek (Foto: Pixabay)

Jahe merah memiliki ciri khas kulitnya yang berwarna merah muda kecokelatan, telah lama dikenal sebagai rempah-rempah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Dibandingkan dengan jahe putih, jahe merah memiliki kandungan senyawa aktif yang lebih tinggi, seperti gingerol, shogaol, dan zingerone.

Senyawa-senyawa ini memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, dan antimikroba yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat jahe merah bagi kesehatan:

- Advertisement -

Manfaat Jahe Merah

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jahe merah kaya akan vitamin C dan antioksidan yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan ini membantu tubuh melawan infeksi virus dan bakteri, serta mempercepat pemulihan saat sakit.

  1. Meredakan Mual dan Muntah

Jahe merah efektif untuk meredakan mual dan muntah, baik yang disebabkan oleh mabuk perjalanan, morning sickness, maupun efek samping kemoterapi. Kandungan gingerol dalam jahe merah membantu merangsang pencernaan dan melancarkan gerakan usus, sehingga mual dan muntah dapat berkurang.

Baca Juga: Rahasia Diet Mediterania Hijau, Turunkan Berat Badan dan Risiko Diabetes

  1. Melancarkan Pencernaan

Jahe merah membantu melancarkan pencernaan dengan meningkatkan produksi enzim pencernaan dan merangsang gerakan usus. Hal ini dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti perut kembung, sembelit, dan diare.

Leave a comment