Respons Jokowi Soal Usul Presidential Club Diformalkan Jadi DPA

By DP
3 Min Read
Presiden Joko Widodo memberikan tanggapannya terkait usulan untuk menghidupkan kembali Dewan Pertimbangan Agung yang akan menaungi para mantan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia. (Foto: Antara)

Presiden Joko Widodo memberikan tanggapannya terkait usulan untuk menghidupkan kembali Dewan Pertimbangan Agung yang akan menaungi para mantan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.

Jokowi mengatakan saat ini dirinya masih menjabat sebagai Presiden RI.

“Saya itu masih jadi Presiden sampai masih enam bulan lagi lho,” ungkapnya saat berada di Konawe, Sulawesi Tenggara, pada Selasa, 14 Mei 2024.

- Advertisement -

Jokowi menegaskan bahwa fokus utamanya saat ini adalah melayani rakyat sebagai seorang Presiden.

Baca Juga: Era Baru Jaminan Kesehatan Jokowi Resmi Hapus Sistem Kelas BPJS Kesehatan

“Masih presiden sekarang ini. Sekarang masih bekerja kayak begini, (kok) ditanyakan,” tambahnya.

Sebelumnya, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengusulkan formalisasi wacana pembentukan “Presidential Club” yang diusung oleh Presiden terpilih sebelumnya, Prabowo Subianto, menjadi Dewan Pertimbangan Agung (DPA).

“Saya hanya menyampaikan kalau mau diformalkan kita pernah punya DPA, tetapi pascareformasi itu kan dihapus, diganti dengan namanya Dewan Pertimbangan Presiden, Wantimpres. Ya kalau mau diformalkan lagi biar lebih bagaimana gitu, ya, boleh saja, tergantung Prabowo, tetapi itu harus melalui tentu saja amandemen kelima (UUD 1945),” ungkap Bamsoet sebelumnya.

Baca Juga: Mengenal Smart Defense System, yang Diterapkan Saat Jokowi Berkantor di IKN

Ia juga menjelaskan bahwa jika Prabowo menginginkan penghidupan kembali DPA, maka akan diisi oleh mantan Presiden dan Wakil Presiden RI.

Leave a comment