Mengenal ICC, Mahkamah Pidana Internasional yang Terbitkan Penangkapan PM Israel

By DP
4 Min Read
Mahkamah Pidana Internasional (ICC) dikabarkan telah menerbitkan surat perintah penangkapan terhadap Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant pada Senin, 20 Mei 2024. (Foto: Antara)

Mahkamah Pidana Internasional (ICC) dikabarkan telah menerbitkan surat perintah penangkapan terhadap Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant pada Senin, 20 Mei 2024.

Selain itu, surat perintah penangkapan juga dikeluarkan untuk pemimpin Hamas. Israel dan Hamas telah terlibat dalam konflik selama lebih dari tujuh bulan.

Penerbitan surat perintah penangkapan dari ICC ini didasarkan pada permintaan Kepala Jaksa ICC, Karim Khan.

- Advertisement -

ICC adalah lembaga yang bertugas menyelidiki dan, jika diperlukan, mengadili individu yang dituduh melakukan kejahatan paling serius yang menjadi perhatian komunitas internasional.

Baca Juga: Konflik Iran-Israel, DPR Ingatkan Pemerintah Harus Antisipasi Pasokan Minyak Domestik

Dilansir dari laman resminya, pengadilan ini berperan dalam perjuangan global untuk mengakhiri impunitas dan mencapai stabilitas serta perdamaian abadi.

Melalui peradilan pidana internasional, ICC bertujuan untuk meminta pertanggungjawaban atas kejahatan global dan membantu mencegah kejahatan serupa terjadi kembali.

Leave a comment