Respons Projo saat JK Sebut Jokowi Bukan Kader PDIP Lagi, Sebuah Kesimpulan

By DP
3 Min Read
Kelompok relawan pendukung Presiden Joko Widodo, yang dikenal sebagai Pro Jokowi (Projo), memberikan tanggapan terhadap pernyataan Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla (JK) yang menyebut bahwa Jokowi bukan lagi kader PDIP. (Foto: Antara)

Kelompok relawan pendukung Presiden Joko Widodo, yang dikenal sebagai Pro Jokowi (Projo), memberikan tanggapan terhadap pernyataan Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla (JK) yang menyebut bahwa Jokowi bukan lagi kader PDIP.

Menurut Bendahara Umum Projo, Panel Barus, anggapan bahwa Jokowi bukan lagi kader PDIP merupakan kesimpulan yang diambil oleh JK.

Baca Juga: Berperan Kawal Pembangunan, Jokowi Dorong BPKP Berinovasi Lewat Teknologi

- Advertisement -

“Pak JK menarik dari sebuah kesimpulan, karena acara Rakernas PDIP adalah acara internal. Lalu Pak Jokowi tidak diundang, itu kan akhirnya ditarik kesimpulan Pak Jokowi bukan kader PDIP gitu,” ujar Bendahara Umum Projo, Panel Barus.

Saat ditanya mengenai status Jokowi sebagai kader PDIP, Panel menyebut hal tersebut telah disampaikan oleh elit PDIP sebelumnya.

“Ya kan sudah jelas. Saya pikir Pak Jokowi ya memang dalam posisi yang disampaikan pimpinan-pimpinan PDIP, misalnya Pak (Komaruddin) Watubun bukan lagi di PDIP. Pak Djarot yang sudah berposisi seperti itu terhadap Pak Jokowi saya pikir itu udah clear gitu,” ucap Bendahara Umum Projo.

Lebih lanjut, Panel menilai bahwa tidak diundangnya Jokowi ke Rakernas V PDIP merupakan sepenuhnya wewenang panitia penyelenggara. Ia juga melihat bahwa sikap PDIP terhadap pemerintahan ke depan sudah dapat diprediksi dari keputusan untuk tidak mengundang Jokowi ke Rakernas V.

Baca Juga: Perintahkan Satgas Terpadu Putus Ekosistem Judi Online, Jokowi: Kita Selesaikan

“Saya melihat dengan tidak mengundangnya Pak Jokowi ini adalah satu pra kondisi PDIP akan mengambil sikap di luar pemerintahan,” jelas Panel.

Leave a comment