Kirab Pancasila di Bunderan Hotel Indonesia Berlangsung Meriah

By Syahrul Munir
3 Min Read
Kirab Pancasila di Bunderan Hotel Indonesia pada Minggu (26/5/2024). (FOTO: BeritaJakarta)

Kirab Pancasila yang digelar pada pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di sepanjang Jalan Sudirman hingga Bunderan Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Minggu (26/5/2024) berlangsung meriah. Kirab Pancasila ini digagas oleh Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP).

Kegiatan ini melibatkan 2.200 peserta dari berbagai elemen yang mengambil start dari patung Jenderal Sudirman dan finish di Bundaran Hotel Indonesia. Kegiatan tersebut dimeriahkan dengan drum band 168 Gita Praja IPDN dan 150 anggota Paskibraka DKI Jakarta yang membawa bendera merah putih sepanjang 300 meter.

Wali Kota Jakarta Pusat, Dhani Sukma mengatakan kegiatan ini sudah kedua kali. Adapun tujuannya adalah mengajak masyarakat untuk selalu mengingat Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia.

- Advertisement -

“Pancasila ini sebagai ideologi bangsa Indonesia yang telah mempersatukan nilai-nilai kebangsaan di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Karena itu semua masyarakat harus selalu mengingatnya,” kata Dhani Sukma.

Menurut Dhani Sukma, nilai-nilai yang tergambar dalam Pancasila harus menjadi pedoman dalam berperilaku, berinteraksi dan pergaulan bangsa.

Baca juga: Pawang Hujan di Pinggir Lapangan Jelang Leg Pertama Final Persib vs Madura United

Dhani menambahkan, wilayah Jakarta Pusat tidak lepas dari perjalanan sejarah bangsa, mulai dari kebangkitan nasional 1908 yang dicetuskan di Jalan Raden Saleh, Senen. Kemudian Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 di Jalan Kramat Raya Senen, serta penyusunan naskah proklamasi.

“Diharapkan nilai-nilai perjuangan ini terus mengakar dan mewarnai perilaku kehidupan masyarakat, terutama warga Jakarta Pusat,” ucap Dhani.

Leave a comment