Menhub Budi Karya Sumadi Dorong Konektivitas Regional Asia Pasifik Berbasis Digital

By Anisa
4 Min Read
Menhub Budi Karya Sumadi Dorong Konektivitas Regional Asia Pasifik Berbasis Digital (Foto: kemenhub)

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mendorong konektivitas regional Asia Pasifik berbasis digital dan mendorong pengembangan sarana dan prasarana transportasi darat yang inklusif.

Hal itu disampaikan oleh Menhub saat menghadiri rangkaian acara hari pertama pelaksanaan Forum Sistem Transportasi Cerdas Asia Pasifik atau The 19th Intelligent Transport System (ITS) Asia Pacific Forum, di Jakarta Convention Center, Selasa, 28 Mei 2024.

Diketahui bahwa rangkaian acara itu dibuka dengan High Level Roundtable bertema Transformation Towards A Sustainable and Intelligent Urban Mobility. Pada kegiatan ini Menhub mendorong penerapan konektivitas regional berbasis digital di kawasan Asia Pasifik.

- Advertisement -

“Pertemuan ini menghasilkan beberapa gagasan penting yang patut mendapat perhatian dan tindakan bersama. Antara lain mendorong konektivitas regional di era transportasi berbasis digital, mendorong pengembangan sarana dan prasarana transportasi darat yang inklusif, dan memprioritaskan integrasi berbagai moda,” kata Menhub, dikutip dari dephub.

Sistem Transportasi Cerdas dan Berkelanjutan

Pada kesempatan itu, Menhub bersama dengan Menteri Transportasi dari Singapura, Pakistan, Kamboja dan perwakilan dari Inggris Raya, Jepang, Laos, Australia, serta Vietnam berdiskusi serta berbagi praktik dan pengalaman mengenai sistem transportasi yang cerdas dan berkelanjutan.

Menhub mengatakan, menurut Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (ESCAP), kawasan Asia Pasifik memimpin sistem transportasi cerdas dengan proyeksi tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 17,8%.

Baca Juga: Berkaca dengan Negara Lain, Menhub Minta Mahkamah Pelayaran Garda Terdepan Penegakan Hukum Maritim

Namun, masih ada tantangan terutama bagi negara-negara tertinggal dan berkembang. Untuk itu, High Level Roundtable menekankan peran pemerintah, sektor swasta, serta lembaga keuangan dalam mendukung pembangunan infrastruktur.

“Kami juga menyambut baik solusi dan inisiatif baru pada tingkat global, regional, dan nasional untuk mempercepat kemajuan. Kemudian mengedepankan kemitraan dan komitmen untuk meningkatkan dan mempercepat implementasi sistem transportasi cerdas, memperbaiki kerangka regulasi, fokus memperkuat kinerja sumber daya manusia, serta melanjutkan berbagi pengetahuan, pengalaman, dan praktik terbaik,” lanjut Menhub.

Leave a comment