Bazar Balai Kota: Promosi Produk UKM Menuju Jakarta Kota Global Berjuta Pesona

By Ade Kurniawan
2 Min Read
Pemprov DKI Jakarta

Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah (PPKUKM) Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan Bazar Balai Kota bertema “Promosi Produk UKM Menuju Jakarta Kota Global Berjuta Pesona” di Balai Kota DKI Jakarta dari 27 hingga 30 Mei 2024.

Bazar ini menampilkan 67 UMKM binaan (Jakpreneur) yang telah lulus kurasi, terdiri dari sektor kuliner, kriya, dan fesyen.

Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo, menegaskan bahwa sektor UMKM memiliki peran strategis dalam menjaga pertumbuhan sektor riil. Industri kecil dan menengah juga terbukti mampu bertahan dari krisis ekonomi.

- Advertisement -

Namun, UMKM sering menghadapi berbagai kendala seperti kesulitan dalam pemasaran, keterbatasan akses informasi peluang pasar, distribusi, dan pengadaan bahan baku.

Baca Juga: Jakarta Tuan Rumah Konferensi Manajemen Krisis 2024, Diskusi Global tentang Ketahanan dan Penanggulangan Bencana

“Bazar ini merupakan bentuk nyata dukungan Pemprov DKI Jakarta dalam mengatasi kendala dan tantangan yang dihadapi UMKM binaan,” ujar Ratu, Senin (27/5).

Tujuannya adalah untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan, memupuk rasa cinta terhadap produk dalam negeri, dan sebagai bagian dari pembinaan,” lanjutnya.

Leave a comment