Jangan Khawatir! Ini 8 Cara Alami Bisa Menurunkan Demam Anak

By Anisa
3 Min Read
Jangan Khawatir! Ini 8 Cara Alami Bisa Menurunkan Demam Anak (Foto: Pixabay)

Demam merupakan salah satu gejala umum yang sering dialami anak-anak. Meskipun demam dapat membuat orang tua khawatir, demam sebenarnya merupakan respons alami tubuh terhadap infeksi.

Pada umumnya, demam terjadi sebagai reaksi dari sistem imun dalam melawan infeksi kuman penyebab penyakit. Beberapa penyakit yang sering menyebabkan demam adalah flu, radang tenggorokan, dan infeksi saluran kemih.

Selain itu, demam juga bisa terjadi akibat paparan cuaca dan suhu panas yang berlebihan, siklus menstruasi, reaksi setelah imunisasi pada anak, atau efek samping obat-obatan tertentu.

- Advertisement -

Demam yang tinggi atau berlangsung lama tentu perlu ditangani. Oleh karena itu, berikut 8 cara alami yang bisa membantu menurunkan demam anak:

Cara Alami Turunkan Demam

  1. Perbanyak Minum Cairan

Demam dapat menyebabkan anak dehidrasi, sehingga penting untuk memastikan anak minum cukup cairan. Berikan anak air putih, ASI, atau jus buah segar tanpa gula. Hindari minuman bersoda dan kafein yang dapat memperburuk dehidrasi.

  1. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat dapat membantu menurunkan suhu tubuh anak. Hindari menggunakan air dingin karena dapat menyebabkan anak menggigil dan memperburuk demam.

Baca Juga: Penyakit Jantung di Usia Muda, Ancaman Serius yang Harus Diwaspadai

  1. Kompres

Kompres air hangat di dahi, ketiak, dan selangkangan anak dapat membantu menurunkan demam. Gunakan kompres selama 10-15 menit setiap beberapa jam.

Leave a comment