Kenali 7 Penyebab Motor Mogok, Bisa Atasi Sejak Dini

By dwi kurnia
4 Min Read
Kenali 7 Penyebab Motor Mogok. (Foto: Viva)

Motor mogok tiba-tiba saat sedang berkendara di tengah jalan adalah salah satu masalah yang bisa terjadi pada siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Saat hal ini terjadi, yang terpenting adalah tetap tenang dan jangan panik.

Oleh sebab itu, penting untuk Anda mengetahui langkah-langkah yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

Agar bisa mengatasi motor yang mogok secara tiba-tiba, penting untuk memahami apa saja kemungkinan penyebabnya. Berikut adalah 7 rincian penyebab motor berhenti tiba-tiba secara umum:

- Advertisement -

Baca juga: 3 Langkah Penting Atasi Motor Mogok Akibat Banjir, Jangan Asal Geber

Penyebab Motor Mogok

Kran Bensin Tertutup

Salah satu penyebab umum mogoknya kendaraan secara tiba-tiba adalah ketika kran saluran bensin ke karburator tertutup. Hal ini bisa terjadi karena adanya sumbatan oleh kotoran atau karena kran sengaja ditutup.

Kran ini berfungsi untuk mengalirkan bahan bakar ke karburator. Jika kran tersebut tertutup, maka bensin tidak akan mengalir, dan mesin tidak akan bisa menyala.

Bahan Bakar Habis

Kehabisan bahan bakar juga sering menjadi penyebab utama motor mogok di jalan. Ketika bahan bakar habis, aliran atau suplai bahan bakar ke ruang pembakaran juga otomatis akan berhenti.

Hal ini membuat mesin tidak bisa menerima suplai bahan bakar yang diperlukan untuk melakukan pembakaran dan membuat mesin menyala.

Baca juga: 5 Penyebab Daya Aki Motor Berkurang, Gak Bikin Mogok di Jalan

Leave a comment