Jakarta X Beauty 2024: Kemenkop UKM Bocorkan 3 Kunci Produk Lokal Bisa Bersaing di Pasar Internasional

By dwi kurnia
3 Min Read
Saat event kecantikan, Jakarta X Beauty 2024 berlangsung Kemenkop UKM melalui Staf Khusus Menteri Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kreatif, Fiki Satari membocorkan bahwa UMKM kecantikan dan perawatan diri memiliki kesempatan daya saing di pasar internasional.. (Foto: inversi.id/Laraswati)

Saat event kecantikan, Jakarta X Beauty 2024 berlangsung Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) melalui Staf Khusus Menteri Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kreatif, Fiki Satari membocorkan bahwa UMKM kecantikan dan perawatan diri memiliki kesempatan daya saing di pasar internasional.

Hal ini disampaikan Fiki Satari saat talk show bertajuk “Pemberdayaan UMKM Kecantikan Berdaya Saing Internasional dalam rangkaian kegiatan Jakarta X Beauty 2024, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan pada Kamis (7/6/2024).

Baca juga: Cara Klaim Tiket Jakarta X Beauty 2024, Via Link hingga Aplikasi

- Advertisement -

Tidak sendirian, Fiki ditemani CEO Female Daily Hanifa Ambadar dan Group CEO og Paragon Corp, Harman Subakat.

“Pertama adalah pemerintah sudah membuat regulasi untuk melindungi pasar lokal agar UMKM bisa bersaing dengan produk asing. Kedua, KemenKopUKM juga memediasi akses pembiayaan melalui mitra seperti inkubator, agregator, akselerator, dan enabler,” sebut Fiki.

Serta poin ketiga, Fiki menyebutkan, Kemenkop UKM sudah membuat inisiatif Rumah Produksi Bersama (RPB) dari hulu ke hilir.

“Contoh dari RPB adalah salah satu bahan baku essential oil yaitu Nilam yang berlokasi di Aceh.” ungkap Fiki Satari.

Baca juga: Cara Klaim Tiket Jakarta X Beauty 2024, Via Link hingga Aplikasi

Leave a comment