6 Fenomena Astronomi Juni 2024, Ada Bulan Baru

By DP
3 Min Read
Pada bulan Juni 2024, ada beberapa fenomena astronomi menarik yang dapat dinikmati. Masih ada beberapa fenomena astronomi lain yang terjadi di bulan Juni 2024, seperti konjungsi Bulan dengan Jupiter dan Saturnus. (Foto: Pixabay)

Pada bulan Juni 2024, ada beberapa fenomena astronomi menarik yang dapat dinikmati. Masih ada beberapa fenomena astronomi lain yang terjadi di bulan Juni 2024, seperti konjungsi Bulan dengan Jupiter dan Saturnus.

Fenomena astronomi sendiri adalah peristiwa alam di luar angkasa yang dapat diamati dari Bumi. Setiap bulan, fenomena ini berubah karena pergerakan benda-benda langit yang memiliki orbit dan kecepatan berbeda.

6 Fenomena Astronomi Juni 2024

Bulan Baru (6 Juni 2024)

- Advertisement -

Bulan baru terjadi ketika Bulan berada di antara Bumi dan Matahari, sehingga sisi yang menghadap Bumi tidak terlihat. Pada 6 Juni 2024, Bulan akan berada dalam fase baru, membuat langit malam lebih gelap dan ideal untuk mengamati objek-objek langit lainnya.

Konjungsi Bulan dan Merkurius (7 Juni 2024)

Bulan dan Merkurius akan tampak berdekatan di langit malam. Ini adalah kesempatan bagus untuk melihat planet terkecil di tata surya kita dengan bantuan teleskop atau binokular.

Baca Juga: Mengenal Aurora Borealis, Fenomena Alam yang Terlihat di Inggris dan Belanda

Konjungsi Bulan dan Mars (12 Juni 2024)

Bulan akan berada dekat dengan Mars di langit malam. Fenomena ini memungkinkan pengamat untuk melihat kedua benda langit ini dengan jelas, terutama menggunakan alat bantu seperti teleskop.

Leave a comment