5 Perbedaan Maag, GERD dan Tukak Lambung Lengkap dengan Cara Mengobatinya

By DP
2 Min Read
Meskipun sama-sama menyerang sistem pencernaan, maag, GERD, dan tukak lambung memiliki perbedaan yang penting untuk dipahami. (Foto: Pixabay)

Meskipun sama-sama menyerang sistem pencernaan, maag, GERD, dan tukak lambung memiliki perbedaan yang penting untuk dipahami.

Secara definisi, maag adalah istilah umum untuk peradangan pada lapisan lambung yang bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Lalu GERD adalah (Gastroesophageal Reflux Disease), gangguan pencernaan di mana asam lambung naik ke kerongkongan secara berulang, menyebabkan iritasi dan rasa panas di dada (heartburn).

Baca Juga: Cara Mencegah Asam Lambung Naik Tanpa Minum Obat

- Advertisement -

Sedangkan tukak lambung adalah, luka terbuka pada lapisan lambung atau usus dua belas jari, biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri H. pylori atau penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) jangka panjang.

Soal gejala, pada maag terdapat rasa nyeri pada hulu hati, mual, muntah, kembung, perih, rasa kenyang lebih cepat, dan nafsu makan menurun. Sedangkan GERD atau asam lambung naik ke mulut), rasa pahit di mulut, nyeri menelan, dan batuk kronis.

Begitu juga dengan tukak lambung, ada rasa nyeri tajam di ulu hati. Biasanya saat perut kosong atau 1-3 jam setelah makan, mual, muntah, penurunan nafsu makan, dan penurunan berat badan.

Baca Juga: Redakan Asam Lambung Tanpa Membatalkan Puasa, Gunakan Cara Ini

Leave a comment