Biodata dan Profil Thom Haye, Pemecah Telur Rekor Timnas Indonesia ke Grup Tiga Piala Dunia 2026

By DP
4 Min Read
Thom Haye mencetak gol untuk Timnas Indonesia pada menit ke-32 dalam laga pamungkas Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Selasa, 11 Juni 2024. (Foto: pssi.org)

Biodata dan profil Thom Haye, sebagai pemecah telur rekor Timnas Indonesia ke babak selanjutnya grup tiga Piala Dunia 2026 atau putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Bahkan, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberikan komentarnya setelah berhasil membawa timnya melaju ke babak tersebut.

Bermain di depan pendukungnya sendiri, Skuad Garuda menunjukkan penampilan yang impresif.

- Advertisement -

Soal Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Shin Tae-yong berharap SUGBK hanya digunakan untuk pertandingan sepakbola dan tidak lagi digunakan untuk konser.

Baca Juga: Profil dan Biodata Thom Haye, Pengumpan Gol Pembuka Timnas Indonesia vs Vietnam

Kondisi lapangan SUGBK tampak masih buruk saat Indonesia menghadapi Filipina dalam laga terakhir putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Profil Thom Haye

Thom Haye mencetak gol untuk Timnas Indonesia pada menit ke-32 dalam laga pamungkas Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Selasa, 11 Juni 2024. Dalam pertandingan tersebut, Timnas Indonesia menghadapi Filipina.

Berkat gol Thom Haye, Timnas Indonesia unggul atas Filipina pada babak pertama. Sosok Thom Haye pun langsung menjadi trending di media sosial X, mendapatkan banyak pujian dari para netizen pengguna platform tersebut.

Thom Haye, yang memiliki nama lengkap Thom Jan Marius Haye, lahir di Amsterdam, Belanda pada 9 Februari 1995. Darah Indonesia mengalir di tubuhnya melalui kakek yang berasal dari Solo, Jawa Tengah, dan nenek dari Sulawesi Utara.

Karier sepak bola Haye dimulai saat ia bergabung dengan akademi AZ dan berhasil masuk tim utama pada 2014. Sejak itu, ia melanjutkan kariernya di berbagai klub di Belanda dan Italia seperti AZ U19, ADO Den Haag, Lecce, NAC Breda, dan kini Heerenveen.

Baca Juga: Harapan Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia Lolos Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Pada tahun 2023, Haye resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) melalui proses naturalisasi. Debutnya bersama Timnas Indonesia terjadi pada ajang Piala AFF 2022.

Haye dikenal dengan kemampuannya dalam merebut dan mengumpan bola dengan baik. Menurut data Transfermarkt, pemain SC Heerenveen ini menjadi pemain Timnas Indonesia dengan nilai pasar tertinggi, yaitu sebesar Rp 52,14 miliar.

Leave a comment