Siapkan 274 Hektare Tambahan Lahan Pembangunan Bandara IKN, Bank Tanah: Bertambah Luas

By DP
2 Min Read
Badan Bank Tanah menyiapkan tambahan lahan seluas 274 hektare untuk pembangunan Bandara Naratetama, yang merupakan prasarana transportasi utama bagi Ibu Kota Nusantara (IKN), ibu kota baru Indonesia di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. (Foto: Pixabay)

Badan Bank Tanah menyiapkan tambahan lahan seluas 274 hektare untuk pembangunan Bandara Naratetama, yang merupakan prasarana transportasi utama bagi Ibu Kota Nusantara (IKN), ibu kota baru Indonesia di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Menurut Kepala Badan Bank Tanah, Parman Nataatmadja, pada Selasa, 12 Juni 2024, pembangunan Bandara Naratetama sedang dalam proses, dikerjakan oleh Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Baca Juga: Alasan Jokowi Adakan Upacara 17 Agustus di IKN dan Jakarta, Undang Mantan Presiden?

- Advertisement -

Seperti dilansir dari Antara, bandara ini dibangun di atas lahan bekas Hak Guna Usaha (HGU) PT Triteknik Kalimantan Abadi (TKA), yang saat ini berada dalam Hak Pengelolaan Lahan (HPL) Badan Bank Tanah. Lahan bekas HGU PT TKA seluas 4.162 ha tersebut terletak di wilayah Kelurahan Jenebora, Gersik, Pantai Lango, dan Kelurahan Riko di Kecamatan Penajam serta Kelurahan Maridan di Kecamatan Sepaku.

“Kami hanya menyiapkan lahan untuk lokasi pembangunan Bandara Naratetama,” ujarnya.

“Pemerintah pusat menambah luas area Bandara Naratetama, ada penambahan sisi darat dan sisi udara bandara,” tambahnya.

Baca Juga: Bambang Susantono Mundur dari Kepala Otorita IKN, Konsep Upacara 17 Agustus di IKN Berubah?

Pembangunan sisi darat bandara mencakup terminal yang ditangani Kementerian Perhubungan, sementara pembangunan sisi udara berupa landasan pacu ditangani Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Panjang landasan pacu bandara tersebut mencapai 3.300 meter.

Leave a comment