Segera Ditambal! Ini 5 Bahaya Gigi Berlubang

By Anisa
3 Min Read
Segera Ditambal! Ini 5 Bahaya Gigi Berlubang (Foto: Pixabay)

Gigi berlubang merupakan masalah gigi yang umum terjadi. Selain rasa sakit yang mengganggu, gigi berlubang juga dapat membawa bahaya serius bagi kesehatan jika tidak segera ditangani.

Gigi berlubang berawal dari plak yang menempel di gigi. Plak gigi berasal dari sisa makanan yang mengandung gula dan pati, yang mana bila semakin menumpuk akan menjadi kerak gigi. Jika tidak dibersihkan, plak ini akan diubah menjadi asam oleh bakteri alami di dalam mulut.

Oleh karena itu, berikut 5 bahaya gigi berlubang yang perlu Anda waspadai:

- Advertisement -

Bahaya Gigi Berlubang

  1. Nyeri Gigi yang Berkepanjangan

Gigi berlubang dapat menyebabkan rasa sakit yang tajam dan berdenyut, terutama saat makan atau minum makanan dan minuman dingin atau panas. Rasa sakit ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, seperti makan, tidur, dan fokus bekerja.

  1. Infeksi dan Abses Gigi

Bakteri yang masuk ke dalam lubang gigi dapat menyebabkan infeksi pada pulpa gigi, yaitu jaringan lunak di dalam gigi yang mengandung saraf dan pembuluh darah. Infeksi ini dapat menyebar ke jaringan di sekitar gigi, termasuk gusi dan tulang rahang, dan membentuk abses gigi. Abses gigi dapat menyebabkan rasa sakit yang parah, pembengkakan, dan demam.

Baca Juga: 8 Jenis Buah yang Cocok Menjaga Kesehatan Gigi

Leave a comment