Momen Hari Raya Idul Adha di Masjid Istiqlal hingga Pesan Wapres soal Pengorbanan

By DP
3 Min Read
Wakil Presiden Ma’ruf Amin bersama Wury Ma’ruf Amin melaksanakan salat Idul Adha 1445 H/2024 M di Masjid Istiqlal Jakarta pada Senin pagi, 17 Juni 2024. (Foto: wapresri.go.id)

Wakil Presiden Ma’ruf Amin bersama Wury Ma’ruf Amin melaksanakan salat Idul Adha 1445 H/2024 M di Masjid Istiqlal Jakarta pada Senin pagi, 17 Juni 2024.

Pada Hari Raya Idul Adha tersebut, Wapres dan Wury tiba di Masjid Istiqlal sekitar pukul 06.30 WIB dan langsung disambut oleh Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar.

Dilansir dari wapresri.go.id, sebelum menunaikan salat Idul Adha, Wapres terlebih dahulu melaksanakan salat sunnah Tahiyatul Masjid dan kemudian mengumandangkan takbir bersama jemaah yang lain.

- Advertisement -

Salat Idul Adha yang dimulai tepat pukul 07.00 WIB dipimpin oleh H. Martomo Malaing, SQ, MA, sedangkan khotbah disampaikan oleh Prof. Dr. Amin Suyitno, M.Ag., dengan tema “Semangat Idul Adha Hadirkan Cinta dan Kepedulian Sosial”.

Baca Juga: Kisah Parkir Liar di Balik Tarif Parkir 150 Ribu di Masjid Istiqlal Jakarta

Wapres Ma’ruf Amin mengingatkan bahwa perayaan Idul Adha bukan hanya ritual ibadah, tetapi juga momen refleksi ajaran dan keteladanan para nabi, khususnya Nabi Ibrahim dan Ismail.

“Hikmah Idul Adha juga mengajarkan kita untuk meningkatkan kepedulian sosial dan pengorbanan untuk kemanusiaan dengan saling membantu dan menjaga di tengah beragam situasi sosial kemanusiaan yang sedang terjadi di dunia,” ungkapnya.

Ia juga mengajak seluruh elemen masyarakat Indonesia untuk meningkatkan semangat pengorbanan dengan bergotong-royong dan saling membantu antarsesama, serta mengedepankan kepentingan bersama.

“Saya juga mengajak seluruh elemen masyarakat Indonesia, dengan semangat Iduladha ini untuk meningkatkan jiwa pengorbanan dengan senantiasa bergotong-royong dan saling membantu antarsesama, serta terus mengedepankan kepentingan bersama, dan saling menguatkan antar sesama dalam setiap keadaan,” tambah Wapres.

Baca Juga: Jadwal Pemotongan Hewan Kurban di Masjid Istiqlal, Tidak Ada Antrian

Beberapa pejabat yang turut melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Istiqlal antara lain Mantan Wapres M. Jusuf Kalla, Hakim MK Arsul Sani, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri ATR/Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono, serta sejumlah Duta Besar negara sahabat. Di shaf perempuan juga tampak Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

Leave a comment