5 Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas, Agar Tetap Segar

By DP
4 Min Read
Saat Idul Adha, banyak orang yang ingin mengetahui cara menyimpan daging kurban agar tahan lama dan tetap segar. (Foto: Pixabay)

Saat Idul Adha, banyak orang yang ingin mengetahui cara menyimpan daging kurban agar tahan lama dan tetap segar. Berikut 5 tips yang bisa Anda ikuti:

  1. Potong Daging Sesuai Kebutuhan

Potong daging kurban menjadi beberapa bagian yang lebih kecil sesuai dengan kebutuhan Anda. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mengambil daging saat ingin dimasak dan membantu daging agar lebih cepat dingin.

  1. Bungkus Daging dengan Rapi

Gunakan plastik wrap atau wadah kedap udara untuk membungkus daging. Pastikan daging terbungkus rapat agar tidak ada udara yang masuk dan menyebabkan bakteri berkembang biak. Anda juga bisa menggunakan daun pisang untuk membungkus daging sebelum dimasukkan ke dalam plastik.

- Advertisement -
  1. Simpan Daging di Suhu Dingin

Simpan daging di dalam kulkas dengan suhu 4 derajat Celcius atau lebih rendah. Sebaiknya simpan daging di rak paling bawah kulkas agar tidak terkontaminasi oleh makanan lain.

Baca Juga: Makna Berkurban di Hari Raya Idul Adha, Jalankan Tuntunan Nabi

  1. Bekukan Daging untuk Penyimpanan Jangka Panjang

Jika Anda ingin menyimpan daging kurban untuk jangka panjang, Anda bisa membekukannya di dalam freezer. Daging beku dapat bertahan hingga 12 bulan.

  1. Jangan Mencuci Daging Sebelum Disimpan

Mencuci daging sebelum disimpan dapat mempercepat pertumbuhan bakteri. Sebaiknya bersihkan daging hanya dengan lap bersih atau tisu basah.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, daging kurban Anda dapat tetap segar dan aman dikonsumsi dalam waktu yang lebih lama. Selamat mencoba!

Baca Juga: Bacaan Doa Menyembelih Hewan Kurban dan Tata Caranya Sesuai Syariat Islam

Leave a comment