6 Efek Pada Tubuh Jika Kurangi Makan Gula, Usus Makin Sehat

By DP
3 Min Read
Membatasi konsumsi gula tidak hanya membantu mengontrol berat badan, tapi juga memberikan banyak manfaat kesehatan, terutama bagi kesehatan pencernaan dan usus. (Foto: Pixabay)

Membatasi konsumsi gula tidak hanya membantu mengontrol berat badan, tapi juga memberikan banyak manfaat kesehatan, terutama bagi kesehatan pencernaan dan usus.

Konsumsi gula berlebih dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Mengurangi gula dapat menurunkan kadar trigliserida dan tekanan darah, yang keduanya berkontribusi pada kesehatan jantung yang lebih baik.

Baca Juga: 8 Tips Menjaga Kesehatan di Usia 40 Tahun, Kurangi Asupan Gula

- Advertisement -

Mengurangi konsumsi gula juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah, yang sangat penting bagi penderita diabetes atau mereka yang berisiko tinggi terkena diabetes. Ini juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin.

Efek Pada Tubuh Jika Kurangi Makan Gula

  1. Menyehatkan Usus

Gula berlebihan dapat mematikan bakteri baik di usus, sedangkan asupan gula yang rendah mendorong pertumbuhannya. Bakteri baik ini penting untuk pencernaan, kekebalan tubuh, dan kesehatan mental.

Konsumsi gula berlebihan dikaitkan dengan penyakit radang usus (IBD) seperti kolitis ulseratif dan penyakit Crohn. Mengurangi gula dapat membantu meredakan gejala dan mencegah kekambuhan.

Baca Juga: Mengenal Sugar Craving Lengkap dengan Penyebabnya, Kecanduan Gula yang Berlebihan Pengganggu Kesehatan

Kurang gula membantu pencernaan berjalan lancar, mengurangi sembelit, diare, dan kembung.

  1. Menstabilkan Gula Darah

Kurang gula membantu menjaga kadar gula darah stabil, mencegah lonjakan dan penurunan gula yang dapat menyebabkan kelelahan dan keinginan makan.

  1. Menurunkan Berat Badan

Gula adalah sumber kalori tinggi tanpa nutrisi. Membatasi gula membantu mengurangi asupan kalori secara keseluruhan, mendukung penurunan berat badan dan membantu menjaganya.

Leave a comment