Apple Mau Gandeng Meta Demi Kembangkan AI Generatif di iPhone

By DP
2 Min Read
Apple baru saja meluncurkan fitur kecerdasan buatan (AI) yang dinamakan Apple Intelligence untuk perangkat iPhone, iPad, hingga Mac. Fitur AI ini merupakan hasil kerja sama antara Apple dan OpenAI, pemilik ChatGPT. (Foto: Pixabay)

Apple baru saja meluncurkan fitur kecerdasan buatan (AI) yang dinamakan Apple Intelligence untuk perangkat iPhone, iPad, hingga Mac. Fitur AI ini merupakan hasil kerja sama antara Apple dan OpenAI, pemilik ChatGPT.

Laporan terbaru menyebutkan bahwa Apple juga membuka peluang untuk bekerja sama dengan Meta, induk perusahaan Facebook dan Instagram.

Kolaborasi ini memungkinkan teknologi AI milik Meta terintegrasi ke dalam sistem operasi iOS 18, iPadOS 18, hingga macOS Sequoia.

- Advertisement -

Kerja sama ini mirip dengan kolaborasi Apple dengan OpenAI.

Baca Juga: Mengenal Apple Intelligence, Senjata iPhone untuk Kalahkan Galaxy AI Samsung

Rumor ini tidak mengejutkan, mengingat Apple sebelumnya sudah membuka kemungkinan untuk berkolaborasi dengan berbagai perusahaan guna mengembangkan teknologi AI. Bahkan, mereka juga berencana bekerja sama dengan Google Gemini.

Menurut Apple, integrasi ChatGPT akan menjadi layanan tambahan dalam sistem Apple Intelligence. Setelah fitur ini diluncurkan, pengguna dapat mengakses layanan chatbot OpenAI tanpa perlu membuat akun OpenAI.

Lebih lanjut, Apple menyatakan bahwa ChatGPT tidak akan menyimpan data pengguna setelah menjalankan kueri, kecuali jika pengguna masuk ke akun mereka secara sukarela.

Baca Juga: Percuma Beli Mahal-mahal, iPhone 15 Cuma Bisa Begini

Kerja sama antara Apple dan OpenAI ini tidak melibatkan biaya kompensasi apa pun. Kedua pihak sepakat bahwa kolaborasi ini saling menguntungkan.

Leave a comment