Serangan Siber di PDN, Darius Sinathrya Singgung Pinjam Tangan Hacker

By Anisa
2 Min Read
Serangan Siber di PDN, Darius Sinathrya: Pinjam Tangan Hacker (Foto: Instagram/@darius_sinathrya)

Aktor Darius Sinathrya menanggapi soal serangan siber di pusat data nasional (PDN). Hal itu disampaikan lewat akun X (Twitter) pada Kamis, 27 Juni 2024.

Dilihat dari cuitannya di X, Darius diduga menyindir soal ransomware Pusat Data Sementara (PDNS) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

“Mau hapus berkas, bakar gedungnya. Mau hapus data digital, pinjam tangan hacker,” cuit Darius, dikutip pada Kamis, 27 Juni 2024.

- Advertisement -

Menanggapi hal itu, para netizen pun membanjiri cuitan suami Donna Agnesia itu. Ada yang menduga bahwa data tersebut diretas, agar kembali ada pengadaan.

“Biasalah bang biar ada pengadaan lagi,” cuit salah satu netizen.

Pemulihan 44 Layanan Kementerian

Terkait dengan peretasan tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memprioritaskan pemulihan layanan di 44 kementerian/lembaga yang terdampak oleh peretasan ke Pusat Data Nasional (PDN).

Baca Juga: PDN Diserang Hacker, BSSN Singgung Kampus Indonesia Minim Jurusan Cybersecurity

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Usman Kansong, menjelaskan bahwa prioritas ini diberikan setelah mengidentifikasi instansi-instansi yang memiliki data cadangan untuk sistem layanannya.

“Kami mengutamakan pemulihan kementerian/lembaga yang memiliki backup data, jumlah 44,” kata Usman kepada wartawan, Rabu, 26 Juni 2024.

Leave a comment