Soal PDN yang Diretas Hacker, Sri Mulyani: Anggarannya Rp700 Miliar

By DP
3 Min Read
Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan bahwa pemerintah telah mengalokasikan dana yang cukup besar untuk Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), termasuk Rp700 miliar untuk Pusat Data Nasional (PDN). (Foto: Antara)

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan bahwa pemerintah telah mengalokasikan dana yang cukup besar untuk Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), termasuk Rp700 miliar untuk Pusat Data Nasional (PDN).

PDN, yang baru-baru ini mengalami gangguan akibat serangan hacker, menjadi salah satu komponen belanja Kominfo hingga Mei 2024.

“Untuk Kominfo ada Rp4,9 triliun sudah dibelanjakan. Ini dari mulai pemeliharaan dan operasional BTS 4G Rp1,6 triliun dan Data Center Nasional Rp700 miliar,” ungkapnya dalam Konferensi Pers APBN KiTA secara virtual pada Kamis, 27 Juni 2024.

- Advertisement -

Baca Juga: 6 Lembaga yang Paling Terdampak Efek Domino Ransomware PDN, Ini Daftarnya

“Kapasitas satelit Rp700 miliar dan Palapa Ring Rp1,1 triliun. Jadi, belanja untuk Kominfo cukup besar mendekati Rp5 triliun, yaitu Rp4,9 triliun,” tambah Sri Mulyani.

Sri Mulyani menjelaskan bahwa total belanja negara hingga Mei 2024 mencapai Rp1.145,3 triliun, yang merupakan 34,4 persen dari total pagu anggaran dan 14 persen lebih tinggi dibandingkan tahun lalu.

Baca Juga: PDN Diserang Hacker, BSSN Singgung Kampus Indonesia Minim Jurusan Cybersecurity

Sementara itu, realisasi belanja pemerintah pusat mencapai Rp824,3 triliun, meningkat 15,4 persen secara tahunan (year on year/yoy) dan sudah mencapai 33,4 persen dari pagu anggaran 2024.

Leave a comment