Apple Resmi Sebut iPhone X HP Jadul, Karena Ini

By DP
4 Min Read
iPhone X kini telah masuk dalam daftar "vintage products" atau produk kuno Apple. Menurut standar klasifikasi Apple, produk yang dimasukkan ke dalam daftar ini adalah perangkat yang produksinya telah dihentikan selama lebih dari 5 tahun tetapi kurang dari 7 tahun. (Foto: Pixabay)

iPhone X kini telah masuk dalam daftar “vintage products” atau produk kuno Apple. Menurut standar klasifikasi Apple, produk yang dimasukkan ke dalam daftar ini adalah perangkat yang produksinya telah dihentikan selama lebih dari 5 tahun tetapi kurang dari 7 tahun.

iPhone X merupakan bagian dari generasi ke-11 iPhone. Diumumkan bersamaan dengan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus pada September 2017, iPhone X mulai dipasarkan pada November 2017. Dengan demikian, pada tahun ini, iPhone X telah berusia 7 tahun.

Saat diluncurkan, iPhone X menandai pencapaian penting dalam sejarah smartphone Apple. iPhone X diperkenalkan dengan desain layar penuh baru yang dilengkapi “notch” (poni) serta fitur-fitur inovatif yang tidak ada pada generasi sebelumnya.

- Advertisement -

Untuk merayakan ulang tahun ke-10 iPhone, Apple merilis iPhone X dengan layar penuh pertama yang memiliki poni di bagian atas. Layar Super Retina OLED 5,8 inci ini adalah layar penuh pertama bagi Apple, memberikan tampilan dengan warna cerah dan hitam pekat, yang meningkatkan pengalaman visual pengguna.

Baca Juga: Apple Mau Gandeng Meta Demi Kembangkan AI Generatif di iPhone

Dengan desain layar penuh, Apple menghilangkan tombol Home dan Touch ID yang ikonik dari generasi sebelumnya. Sebagai gantinya, iPhone X dilengkapi dengan Face ID, teknologi pengenalan wajah yang menggunakan kamera TrueDepth untuk membuka kunci ponsel, memverifikasi pembelian, masuk ke aplikasi, dan sebagainya dengan lebih aman dan lancar dibandingkan Touch ID.

iPhone X juga dibekali chipset A11 Bionic, yang merupakan chip pertama dengan Neural Engine, komponen hardware khusus yang dirancang untuk mempercepat tugas pembelajaran mesin. Ini digunakan untuk fitur seperti Face ID dan Animoji. Selain itu, iPhone X adalah model iPhone pertama yang mendukung pengisian daya nirkabel dengan standar Qi.

Meskipun dikategorikan sebagai produk kuno, Apple masih menyediakan layanan servis dan suku cadang untuk sejumlah iPhone vintage, termasuk iPhone 6, hingga 7 tahun atau sesuai ketentuan yang berlaku di setiap wilayah. Namun, perbaikan tergantung pada ketersediaan suku cadang.

Setelah fase “vintage”, iPhone X akan dikategorikan sebagai produk “discontinued” atau dihentikan setelah tidak lagi diproduksi selama lebih dari tujuh tahun. Pada titik ini, Apple dan penyedia layanannya akan berhenti menawarkan perbaikan dan layanan perangkat keras untuk iPhone X, menandai berakhirnya dukungan resmi dan mendorong pengguna untuk beralih ke model yang lebih baru.

Baca Juga: Mengenal Apple Intelligence, Senjata iPhone untuk Kalahkan Galaxy AI Samsung

Leave a comment