Biodata dan Profil Nikson Nababan, Kader PDIP Lawan Bobby Nasution di Pilkada Sumut

By Anisa
2 Min Read
Biodata dan Profil Nikson Nababan, Kader PDIP Lawan Bobby Nasution di Pilkada Sumut (Foto: Instagram/@nikson_h_nababn)

Nama Nikson Nababan tengah menjadi sorotan publik karena dikabarkan menjadi bakal calon Gubernur Sumatera Utara (Sumut) di Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024.

Diketahui bahwa Nikson merupakan kader militan PDI Perjuangan dan mantan Bupati Tapanuli Utara 2 periode ini mengatakan bahwa dirinya siap melawan siapapun dan optimis menang.

“Berkompetisi dengan siapapun kita siap. Tidak ada kata kalah, kita harus menang!,” kata Nikson di Kantor DPD PDIP Sumut pada Jumat, 5 Juli 2024.

- Advertisement -

Penasaran dengan sosoknya? Berikut profil dan biodatanya Inversi.id rangkumkan untuk Anda.

Profil Nikson Nababan

Diketahui bahwa Nikson Nababan adalah Bupati Tapanuli Utara sejak 2014 hingga sekarang. Di periode pertama berpasangan dengan Dr. Mauliate Simorangkir (2014-2019) dan dilantik 13 Juni 2014.

Periode kedua, pria kelahiran Siborongborong pada 5 Oktober 1972 ini berpasangan dengan wakilnya, Sarlandy Hutabarat (2019-2024) dan dilantik pada 23 April 2019.

Baca Juga: Profil dan Biodata Faldo Maldini, Diusung Gerindra jadi Calon Walkot Tangerang 2024

Sebelum menjadi Bupati, Nikson mengawali karirnya sebagai Wartawan Harian Media Indonesia di Jakarta. Ia menjadi pemimpun Redaksi Majalah Bona Ni Pinasa di Jakarta dan jadi Pendiri Tabloid Sumut News di Jakarta.

Selain itu, Nikson juga pernah menjadi Direktur PT Hasbin Inti Karya di Jakarta, Komisaris Koran Harian Palapa Pos, Motivator dan Leader Commite Melia Sehat Sejahtera (PT.MSS) dan Komisaris Surat Kabar Harian Palapa Pos.

Baca Juga: Gerindra Usung Faldo Maldini jadi Calon Wali Kota Tangerang 2024, Wakilnya dari NasDem

Mengenai pendidikannya, Nikson pernah menempun pendidikan di Universitas Medan Area (1991-1992), pindah ke Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa (APMD) Yogyakarta tahun 1992-1995.

Setelah itu, ia melanjutkan pendidikan di Universitas Sumatera Utara (2015-2017) dan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) 2023.

Leave a comment