INVERSI.ID– L’Oréal Paris dukung pemberdayaan perempuan di Paris Fashion Week 2024 dengan misi menyebarluaskan Stand Up Against Street Harassment. Ini merupakan sebuah gerakan yang telah berjalan sejak 2020 dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pelecehan di ruang publik.
Brand General Manager L’Oréal Paris, Ceren Hepyalniz mengatakan bahwa setiap perempuan memiliki nilai yang harus dirayakan, dan ini termasuk hak mereka untuk merasa aman di ruang publik. Menurutnya, pelecehan dapat meruntuhkan harga diri perempuan; hal ini tidak sejalan dengan tujuan brand yang ingin terus membangun “worth” atau nilai kaum perempuan.
“Dengan mengusung Walk Your Worth di Paris Fashion Week 2024, kami berharap dapat menginspirasi lebih banyak perempuan untuk berani melawan ketidakadilan dan menunjukkan bahwa mereka layak untuk dihargai,” katanya di Jakarta, Rabu (25/9).
Di Indonesia, pelecehan di ruang publik masih menjadi isu sosial yang serius
Di Indonesia, pelecehan di ruang publik masih menjadi isu sosial yang serius. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh IPSOS dan L’Oréal Paris pada tahun 2021, 8 dari 10 perempuan pernah mengalami pelecehan di ruang publik, dan 91% orang yang menyaksikannya tidak tahu harus berbuat apa.
L’Oréal Paris mengembangkan Teknik Intervensi 5D (Dialihkan, Dilaporkan, Didokumentasikan, Ditegur, Ditenangkan) yang dirancang untuk mengatasi kendala tonic immobility dan bystander effect, dimana saksi atau korban seringkali memilih diam karena takut atau tidak tahu apa yang harus dilakukan.