Dari Zaman Konvensial hingga Digital, Parsel Lebaran Tak Pernah Mati

By dwi kurnia
3 Min Read
Parsel Lebaran merupakan simbol tanda kasih Hari Raya Idul Fitri. Biasanya, bentuk parsel bermacam-macam. (Foto: TVOne)

Survei parcel Lebaran

Parsel memang menjadi salah satu tradisi menjelang hari raya. Survei Jakpat tahun 2024 menunjukkan, orang-orang mulai berburu parsel pada minggu keempat Ramadhan (37 persen).

Sementara, kue kering dan makanan ringan menjadi jenis parsel yang paling banyak peminatnya (73 persen). Sebanyak 9 dari 10 responden menyatakan akan memberikan parsel ke keluarganya.

Baca juga: Pakai Kendaraan Listrik saat Mudik, PLN Siapkan 1.124 SPKLU di Seluruh Indonesia

- Advertisement -

Perbedaan generasi memengaruhi pola pemesanan dan pemberian parsel. Generasi Z (lahir di periode 1997-2012) yang dikenal senang hal praktis juga bersemangat untuk membagikan parsel kepada teman-teman mereka.

Sebaliknya, Generasi X (lahir di periode 1965-1980) lebih memilih memberikan paket tersebut kepada orang-orang yang mereka anggap membutuhkan. Secara rata-rata, masyarakat mengalokasikan dana sebesar Rp 302.321 untuk membeli parsel lebaran.

Leave a comment