Survei parcel Lebaran
Parsel memang menjadi salah satu tradisi menjelang hari raya. Survei Jakpat tahun 2024 menunjukkan, orang-orang mulai berburu parsel pada minggu keempat Ramadhan (37 persen).
Sementara, kue kering dan makanan ringan menjadi jenis parsel yang paling banyak peminatnya (73 persen). Sebanyak 9 dari 10 responden menyatakan akan memberikan parsel ke keluarganya.
Baca juga: Pakai Kendaraan Listrik saat Mudik, PLN Siapkan 1.124 SPKLU di Seluruh Indonesia
Perbedaan generasi memengaruhi pola pemesanan dan pemberian parsel. Generasi Z (lahir di periode 1997-2012) yang dikenal senang hal praktis juga bersemangat untuk membagikan parsel kepada teman-teman mereka.
Sebaliknya, Generasi X (lahir di periode 1965-1980) lebih memilih memberikan paket tersebut kepada orang-orang yang mereka anggap membutuhkan. Secara rata-rata, masyarakat mengalokasikan dana sebesar Rp 302.321 untuk membeli parsel lebaran.