Pelayanan Stasiun Tanah Abang
Dengan penambahan dua jalur baru, waktu tunggu khususnya untuk lintas Serpong dapat berkurang menjadi 3 menit dari sebelumnya 7 menit. Selain itu, pengembangan Stasiun Tanah Abang ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas hingga 3 kali lipat, dari 100 ribu menjadi 300 ribu penumpang per hari.
Baca Juga: Profil dan Biodata Brigjen Aulia Dwi Nasrullah, Jebolan Kopassus yang Kini Jadi Jenderal Termuda TNI
Ruang lingkup pekerjaan dari masing-masing pihak adalah sebagai berikut: Kemenhub bertanggung jawab atas pembangunan gedung stasiun baru, jalur kereta api, fasilitas operasional kereta api, termasuk rel dan persinyalan, serta Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di atas jalur kereta api.
“Kemudian, Pemprov DKI membangun pelebaran jalan dan fasilitas integrasi antar moda. Sedangkan PT KAI membangun area parkir serta penataan e-ticketing, pembangunan plaza dan halaman stasiun, serta fasilitas intermoda dan kanopi,” jelas Risal.
Baca Juga: Profil dan Biodata Gelandang Persib Levy Clement Madinda Fokus Menang di Kandang
Risal menambahkan bahwa Stasiun Tanah Abang yang baru akan memiliki bangunan utama seluas 12.000 meter persegi dengan dua lantai, dilengkapi dengan bangunan komersial, fasilitas pendukung, serta fasilitas untuk penyandang disabilitas.