Host Academy dan Creators Lab
Tokopedia dan ShopTokopedia mengadakan pelatihan bagi generasi muda untuk menjadi kreator konten yang kreatif, dan bisa membantu penjual, khususnya UMKM lokal dalam mempromosikan produk.
Sepanjang tahun 2023-2024, para kreator konten binaan telah membantu lebih dari 2.000 UMKM.
Baca juga: Monsieur Spoon Préféré dan Dewata Resmi Buka di Surabaya
Digitalisasi Pasar
Bersama Kemendag RI, Tokopedia dan ShopTokopedia melakukan digitalisasi toko pedagang di pasar tradisional terutama saat pandemi.
Melalui inisiatif itu, Tokopedia dan ShopTokopedia telah memberdayakan lebih dari 6.000 pedagang di 12 pasar tradisional.
Solusi hulu ke hilir Tokopedia dan ShopTokopedia bantu pemasaran UMKM
Selain melakukan beragam upaya edukasi, Tokopedia dan ShopTokopedia juga bekerja sama dengan berbagai mitra strategis untuk mendorong kemajuan UMKM, dan membuat produk dari UMKM lokal makin menjadi pilihan masyarakat Indonesia,.