INVERSI.ID – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, telah lama menunjukkan perhatian besar terhadap sektor pertanian, khususnya pada komoditas kopi.
Pada awal 2022, Erick Thohir meluncurkan PMO Kopi Nusantara, sebuah platform kolaborasi antara BUMN dan berbagai pemangku kepentingan untuk mendukung pengembangan ekosistem bisnis kopi yang berkelanjutan di Indonesia, dari hulu hingga hilir.
Melalui kerja sama BUMN dalam skema Makmur, petani yang berada di bawah binaan PMO Kopi Nusantara berhasil meningkatkan produktivitas mereka hingga 48% per tahun dengan mengikuti panduan perawatan dan pemupukan dari Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslitkoka) serta Pupuk Indonesia. Selain itu, para petani mendapatkan kemudahan akses pembiayaan dari BRI dan BNI.
Di bidang pengolahan, PTPN telah menyediakan satu pabrik dengan kapasitas 150 ton per hari di Jawa Timur untuk petani kopi di lahan Perhutani sekitar Kawah Ijen yang ingin mengolah hasil panen mereka.
Berbagai pelatihan pasca panen juga diselenggarakan oleh berbagai pihak, termasuk Puslitkoka dan Sustainable Coffee Platform of Indonesia (SCOPI). Para petani dapat menjual biji kopi mereka kepada ID FOOD, yang telah memiliki pelanggan setia di luar negeri. Peningkatan harga kopi dalam dua tahun terakhir ini juga membawa manfaat besar bagi para petani.
Baca Juga: Diskusi Soal Industri Kreatif di Pertamina Creativepreneur Summit 2024, Erick Thohir Spill Kuncinya
Di sektor hilir, para pemangku kepentingan dalam PMO Kopi Nusantara, bersama dengan Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI), terus mendukung pengembangan talenta terbaik di Indonesia. Terbukti, sejak 2022 hingga kini, Indonesia telah melahirkan 8 juara kopi dunia, termasuk Mikael Jasin yang memenangkan World Barista Championship 2024 di World of Coffee (WoC) Busan, Korea Selatan. Bahkan, Indonesia terpilih menjadi tuan rumah World of Coffee (WoC) pada 2025.
Tokopedia secara resmi mengumumkan kerja sama strategis dengan Project Management Office (PMO) Kopi Nusantara dari Kementerian BUMN untuk mendorong praktik budidaya kopi yang berkelanjutan dan meningkatkan pemasaran produk kopi spesial di Indonesia.
Kolaborasi ini diumumkan oleh President Director Tokopedia dan TikTok E-commerce, Melissa Siska Juminto, bersama Sekretaris Kementerian BUMN, Rabin Indrajad Hattari, dalam acara Festival Beli Lokal yang diselenggarakan Tokopedia di Plaza Timur Gelora Bung Karno, Jakarta.