Euro 2024 menjadi sorotan utama publik dunia, turnamen itu diklaim ditonton sekitar 5 miliar pasang mata di seluruh dunia. Tak heran, ajang olahraga sepak bola empat tahunan itu menjadi ajang promosi berbagai merek global yang ikut andil sebagai sponsor.
Mengutip situs Asosiasi Sepak Bola Uni Eroa (UEFA), Euro 2024 disponsori secara resmi oleh total 18 merek dunia. Adapun 18 merek itu adalah Adidas, AliExpress, AliPay+, Atos, Betano, Booking.com, BYD, Coca-Cola Zero, Hisense, Lidl, Engelbert Strauss, Visit Qatar, Vivo, Bitburger, Deutsche Bahn, Deutsche Telekom, Ergo, dan Wiesenhof.
Para sponsor ini bergerak di beragam industri, mulai dari perlengkapan olahraga, situs belanja daring, sistem pembayaran, situs taruhan resmi, telekomunikasi, produsen barang elektronik, ponsel, sampai sepatu pabrik.
Baca juga: Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi SUV Listrik BYD Sea Lion 07
Mereka berasal dari tujuh negara, yakni Jerman, China, Perancis, Yunani, Belanda, Amerika Serikat (AS), dan Qatar. Jerman menjadi negara dengan merek sponsor terbanyak, yakni delapan perusahaan. Dominasi Jerman ini dalam kadar tertentu wajar mengingat negeri Bavaria ini adalah tuan rumah Euro 2024.
Namun menariknya, China menjadi negara yang mendominasi sponsor selain tuan rumah atau negara-negara Eropa. Tercatat lia merek asal China menjadi sponsor Euro 2024, yakni AliExpress, Aliay+, BYD, Hisense, dan Vivo.
AliExpress dan AliPay+ adalah bagian dari grup perusahaan teknologi asal China, Alibaba Group. Adapun Alibaba didirikan salah satunya oleh Jack Ma, miliarder China yang menurut Bloomberg Billionaire Index per Sabtu (13/7/2024) adalah orang terkaya ke-52 dunia dengan kekayaan mencapai 33,1 miliar dollar AS.
Baca juga: Biodata dan Profil Jude Bellingham, Calon Kuat Peraih Ballon d’Or di Euro 2024