Industri kosmetik lokal mampu menembus pasar ekspor dimana secara kumulatif untuk periode Januari-November 2023 nilai ekspor untuk produk kosmetik, wewangian, dan essential oils tercatat mencapai USD770,8 juta.
Kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga penampilan dan kesehatan kulit, serta tren penggunaan produk lokal menjadi salah satu indikasi meningkatnya kualitas produk yang mampu bersaing dengan brand dari luar negeri.
Baca juga: Intip Obrolan Presiden Jokowi dengan Airlangga, Ridwan Kamil Sebut Bincang Dinamika Politik
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto menyebutkan pertumbuhan produk kosmetik mampu menembus pasar dunia. Selain itu, penyerapan tenaga kerja juga ikut meningkat.
“Dengan komposisi 95% industri kosmetik lokal merupakan Industri Kecil dan Menengah, industri ini tercatat mampu menyerap tenaga kerja sekitar 59.886 orang pada tahun 2022,” tutur Menko Perekonomian Airlangga Hartanto dilansir dari laman Kemenko Perekonomian, Senin (5/2/2024).