Edukasi UMKM Lokal dari Tokopedia dan ShopTokopedia Dorong Ekonomi Digital

By birdieni
6 Min Read
Upaya edukasi UMKM lokal dari Tokopedia dan ShopTokopedia menjadi komitmen untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital dengan memperkuat UMKM lokal.

INVERSI.ID- Upaya edukasi UMKM lokal dari Tokopedia dan ShopTokopedia menjadi komitmen untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital dengan memperkuat UMKM lokal. President Director of Tokopedia and TikTok E-commerce, Melissa Siska Juminto mengatakan, sudah ada jutaan penjual di Tokopedia dan ShopTokopedia.

“Kini sudah ada jutaan penjual di Tokopedia dan ShopTokopedia yang mayoritas UMKM lokal. Pada skala nasional, UMKM memberikan kontribusi signifikan terhadap PDB Indonesia, yaitu lebih dari 60%,” jelas Melissa.

President Director of Tokopedia and TikTok E-commerce, Melissa Siska Juminto dalam pembukaan Festival Beli Lokal pada tanggal 24-25 Agustus 2024 di Plaza Timur Senayan, Jakarta. (INVERSI/Dok Tokopedia)

Baca juga: Keranjang Kuning TikTok Aktif Lagi, Apa Perbedaan Dulu dan Sekarang?

- Advertisement -

Untuk mendorong peran signifikan UMKM lokal terhadap perekonomian Indonesia, Tokopedia dan ShopTokopedia melakukan beragam insiatif termasuk edukasi. Berikut beberapa upaya yang dilakukan:

Kelas Maju Digital dan Kelas Perempuan Maju Digital

Tokopedia dan ShopTokopedia bekerja sama dengan pemerintah untuk melatih pelaku UMKM. Dalam hal ini termasuk perempuan dalam berbisnis online, salah satunya literasi keuangan dalam mengelola usaha lewat Kelas Maju Digital dan Kelas Perempuan Maju Digital.

Sejumlah kelas pelatihan sudah diadakan sejak tahun 2022, dan berhasil mengedukasi lebih dari 20.000 UMKM lokal di 73 wilayah.

Leave a comment