Tren Investasi Emas Meningkat di China, Gen Z Jadi Konsumen Utama

By dwi kurnia
4 Min Read
Tren Investasi Emas Meningkat di China, Gen Z Jadi Konsumen Utama. (Foto: Investasi emas/Freepik)

Investasi emas

Berbeda dengan Wang, Jiang Xue (29) di Beijing baru beralih ke emas dalam beberapa tahun terakhir. Dia dulu menyukai perhiasan dari merek-merek besar, dengan mutiara, berlian, dan batu akik. Kemudian, dia membawa kalung emas ke pusat perbelanjaan untuk diperbaiki.

“Saya terkejut melihat harga daur ulang kalung yang saya beli dengan harga 500 yuan per gram telah mencapai 540 yuan per gram,” tutur Jiang.

“Saya tiba-tiba berpikir bahwa saya harus menabung emas. Setelah Anda bosan mengenakan sebuah kalung, Anda tinggal menjualnya untuk menghasilkan uang,” kata Jiang sambil tersenyum.

- Advertisement -

Baca juga: Fakta-fakta Fat Cat, Gamer China yang Bunuh Diri Karena Cinta

Alasan lain dari “demam emas” di kalangan anak muda adalah desain perhiasan dan karya seni emas yang makin baik.

Sebagai contoh, Industrial and Commercial Bank of China telah merilis serangkaian karya seni emas bertema Harry Potter untuk memikat para penggemar kisah dunia sihir itu, sementara perusahaan perhiasan terkemuka Chow Tai Fook menghadirkan gambar Disney dan Hello Kitty pada produk-produknya.

Banyak pengecer juga menjual gelang dengan “manik-manik keberuntungan” untuk menarik perhatian kaum muda yang berada di bawah tekanan di tengah masyarakat yang serbacepat.

Leave a comment