Penjualan kendaraan second di balai lelang jelang Mudik Lebaran 2024 mengalami peningkatan. PT JBA Indonesia, perusahaan lelang kendaraan mengatakan lelang tahun 2024 ini jumlah sangat baik dan meningkat hingga 20 persen.
Chief Operating Officer JBA Indonesia Deny Gunawan mengatakan jelang Mudik Lebaran 2024 ini situasi tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Penjualan mengalami peningkatan terutama satu bulan dan sepekan menjelang mudik dan Hari Raya Lebaran.
“Kondisinya sama, banyak yang berpartisipasi begitu 1 bulan dan 1 pekan menjelang Lebaran,” ujar Deny Gunawan setelah menandatangani Nota Kesepahaman kerja sama dengan Asuransi Umum Mega (Mega Insurance), di Jakarta, Senin (25/3/2024).
Deny melanjutkan peserta dalam lelang kendaraan second di Balai Lelang JBA sangat banyak, terutama menjelang mudik lebaran. Ia tidak menyebutkan secara rinci jumlah peserta lelang menjelang Lebaran.
Baca juga: Tips Merawat AC Mobil sebelum Mudik Lebaran, Anti Gerah Anti Marah
Namun demikian, Deny menguraikan para peserta lelang yang ikut berpartisipasi itu lebih banyak berasal dari penjual kendaraan yang memiliki showroom hingga yang hanya memajang unit di halaman rumah tinggal.
“Naiknya bisa 15 sampai 20 persen dari tahun sebelumnya,” ujarnya.
Berdasarkan data dalam keterangan pers menyebutkan tahun 2023, JBA telah melelang lebih dari 130.000 motor da 170.000 lebih mobil di seluruh Indonesia. Angka ini naik dari 108 persen untuk motor dan 66 persen untuk mobil di tahun 2023 di bandingkan tahun sebelumnya.
Presiden Director Mega Insurance, Tomy Ferdiansah mengatakan Mega Insurance memberikan produk Asuransi Kecelakaan Diri untuk seluruh peserta lelang JBA. Tomy menyebut kerja sama ini sangat ekslusif karena dari sekian banyak perusahaan balai lelang hanya JBA yang terpilih sebagai partner.
“Kami berharap para member JBA dapat menerima manfaat maksimal dari produk Asuransi Kecelakaan Diri,” ujar Tomy Ferdiansah.
Hadir dalam acara Agreemen Signing Ceremony, Cheif Executive Officer JBA Indonesia Kazuhiro Shioyama. Ia mengatakan JBA Indonesia sangat selektif dalam memilih partner asuransi bagi para pelanggan.
Pertimbangan yang sangat penting, kata Kazuhiro adalah kredibilitas positif dari Mega Insurance sebagai penyedia polis perusahaan asuransi.
“Peluang sinergi pengembangan bisnis dan brand kedua pihak juga menjadi pertimbangan,” ujarnya.