Setelah sempat ditutup pada bulan Oktober 2023 lalu, TikTok Shop kini kembali aktif di Indonesia. Kembalinya TikTok Shop bekerjasama dengan Tokopedia. Lalu kenapa TikTok Shop lebih memilih bermitra dengan Tokopedia?
TikTok pun sudah mengungkap alasannya. Direktur Eksekutif E-commerce TikTok Indonesia Stephanie Susilo mengatakan, alasan menggandeng Tokopedia lantaran pihaknya melihat Tokopedia sangat mendukung pertumbuhan UMKM lokal. Hal ini pun seturut dengan vidi dan misi TikTok.
“Kami punya visi dan misi yang sama untuk menjunjung tinggi produk lokal, UMKM lokal, dan kreator-kreator di Indonesia,” ujarnya kepada media saat dijumpai di Tokopedia Tower, Jakarta, Selasa (12/12/2023).
Baca juga: Keranjang Kuning TikTok Aktif Lagi, Apa Perbedaan Dulu dan Sekarang?
Stephanie tak menampik sebelum melakukan kerja sama yang resmi dengan Tokopedia, pihaknya juga melakukan penjajakan ke e-commerce lain. Adapun berdasarkan catatan, TikTok sempat diketahui membuka komunikasi ke Bukalapak, Tokopedia, hingga CT Corp. Namun dari penjajakan itu, yang resmi diajak TikTok untuk kolaborasi adalah Tokopedia.
“Kita akan terus bekerjasama dengan Tokopedia seterusnya, nanti untuk ke depannya akan kami update jika sudah ada info lebih lanjut,” kata Stephanie.
Stephanie juga mengatakan, pihaknya akan tunduk ke pemerintah ihwal peralihan semua bentuk transaksi ke Tokopedia, lantaran pihaknya hanya memilik izin sebagai social commerce.
“Yah seperti yang Pak Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan bilang itu sekitar tiga sampai empat bulan dan ini juga akan terus merapat kepada mereka untuk memikirkan bagaimana idealnya,” pungkasnya.
Untuk diketahui pembukaan TikTok Shop dilakukan bekerjasama dengan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO). Pembukaan TikTok Shop ini pun dilakukan tepat pada hari belanja online nasional alias Harbolnas 12.12.
Baca juga: TikTok Shop Resmi Buka Lagi di Indonesia dengan Menggandeng Tokopedia sebagai Mitra
Seperti diketahui, TikTok telah menggelontorkan investasi sebesar USD1,5 miliar atau setara dengan Rp23,3 triliun (kurs Rp15,550 per USD) sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional Tokopedia, tanpa dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GOTO di Tokopedia.
“Melalui kesepakatan ini, TikTok dan GOTO dapat memperluas manfaat bagi pengguna serta pelaku UMKM Indonesia,” kata manajemen GOTO dalam keterangan resminya.