Jokowi Ungkap 3 Prinsip Dasar Air Bagi Kemakmuran Bersama di WWF ke-10

By dwi kurnia
3 Min Read
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan tiga prinsip dasar air bagi kemakmuran bersama di WWF ke-10 (Foto: Presiden Jokowi membuka secara resmi KTT WWF ke-10 di Bali)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan tiga prinsip dasar air bagi kemakmuran bersama. Prinsip ini mengandung nilai-nilai spiritual dan budaya.

Hal ini diungkapkan Presiden Jokowi dalam pembukaan resmi Konferensi Tingkat Tinggi World Water Forum (KTT WWF) ke-10 di Bali International Convention Center (BICC), Nusa Dua, Senin (20/5/2024).

Jokowi mengatakan forum ini untuk meneguhkan komitmen bersama untuk merumuskan pengelolaan air yang inklusif dan berkelanjutan.

- Advertisement -

“Suatu kehormatan bagi Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah Forum Air Sedunia yang ke-10 untuk meneguhkan komitmen bersama dan merumuskan aksi nyata pengolahan air yang inklusif dan berkelanjutan,” kata Jokowi.

Baca juga: Klarifikasi Menkes Terkait Jokowi Hapus Sistem Kelas BPJS: Bukan Dihapus

Jokowi turut menyampaikan, pada tahun 2050 diperkirakan petani kecil paling rentan mengalami kekeringan. Oleh karena itu, Presiden dua periode itumengajak pemimpin dunia untuk berkomitmen dalam pengelolaan air.

“Bisa kita bayangkan, dari 72 persen permukaan bumi yang tertutup air, hanya 1 persen yang bisa diakses dan digunakan sebagai air minum dan keperluan sanitasi. Bahkan di tahun 2050, 500 juta petani kecil sebagai penyumbang 80 persen pangan dunia diprediksi paling rentan mengalami kekeringan,” ujar Jokowi.

Leave a comment